TEKNIK ATAU CARA PENGENDALIAN HAMA WERENG PADA TANAMAN PADI



                                                                     HAMA WERENG


Wereng adalah sebutan umum untuk serangga penghisap cairan tumbuhan anggota ordo Hemiptera (kepik sejati), subordo Fulgoromorpha, khususnya yang berukuran kecil.

Macam macam wereng
a.       1. Wereng hijau (Nephotettix spp.)
Wereng hijau Merupakan hama utama padi penyebar virus tungro. Wereng hijau menyebabkan daun-daun padi berwarna kuning sampi kuning oranye, penurunan jumlah anakan, dan pertumbuhan tanaman yang terhambat (memendek). Pemupukan unsur nitrogen yang tinggi sangat memicu perkembangan wereng hijau. wereng hijau umumnya dikendalikan dalam satu paket dengan pengendalian tungro. Dianjurkan untuk menanam varietas tahan tungro seperti Tukad Petanu, Kalimas, dan Bondoyudo, dan penggunaan insektisida.

gambar hama wereng hijau


b.      2. Wereng coklat (Nilaparvata lugens)
wereng coklat merupakan Salah satu hama padi yang paling berbahaya dan merugikan, terutama di Asia Tenggara dan Asia Timur. Serangga kecil ini menghisap cairan tumbuhan dan sekaligus juga menyebarkan beberapa virus (terutama reovirus) yang menyebabkan penyakit tungro). Kumbang lembing memakan wereng dan anaknya sedangkan sejumlah lebah berperan sebagai pemangsa telurnya. Pemangsa alami ini dapat mengendalikan populasi wereng di bawah batas ambang populasi wereng terutama musim tanam dengan jumlah hama sedikit sehingga mencegah berjangkitnya virus utama.

             gambar hama wereng coklat


3    3.Wereng punggung putih (Sogatella furcifera)

Sebelumnya memang bukan hama yang tergolong berbahaya bagi tananaman padi tetapi sekarang wereng ini merupakan hama yang patut untuk diperhitungkan.. Wereng ini menyebar luas diwilayah Palaeartik (Jepang, Korea, Mongolia, Kep. Sakalin, Uni Soviet da Kep. Kurile), wilayah oriental (Bangladesh, Burma, Kamboja, India, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Sabah, Sarawak, Taiawan, Muangthai, Vietnam, Sri lanka, dan Filipina), wilayah Australia (Australia Mikronesia, New Hibrides, Kep.Solomon) dan wilayah Neotropika (Kep. Karibia dan Brazil).  Di Indonesia wereng punggung putih merupakan serangga yang dikenal sejak tahun  1930.



















untuk lebih jelasnya tentang cara pengendalian hama wereng silahkan download  dokumen tentang teknik atau cara pengendalian hama wereng .
            <<<<<DISINI>>>>>> 

sumber : http://nurrohmattriatmojo.blogspot.com/2012/06/wereng.html

2 Responses to "TEKNIK ATAU CARA PENGENDALIAN HAMA WERENG PADA TANAMAN PADI"

Budayakan meninggalkan komentar setelah membaca.
Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan yang tidak menyinggung dan tidak berbau sara dan porno.

TERIMAKASIH ATAS KOMENTAR ANDA ... !!!