Kelebihan dan Kekurangan Pertanian Hidroponik

Kelebihan dan Kekurangan Pertanian Hidroponik- Tanaman hidroponik merupakan teknologi pertanian masa kini yang sangat bagus dan efekfit untuk di kembangkan dengan adanya pertanian hidroponik kita dapat memanfaatkan tanah yang seminim mungkin untuk bercocok tanam tetapi tanaman hidroponik terdapat kelebihan dan kekurangannya apa saja itu silahkan simak artikel di bawah ini.

Kelebihan pertanian hidroponik
Meningkatkan produktivitas
Dampak positif tanaman hidroponik yang pertama ialah peningkatatan produksi. Hidroponik Menggunakan solusi nutrisi, lampu buatan, pemanas dan peralatan lainnya, tanaman dapat dibuat untuk berkembang lebih cepat, menghasilkan hasil yang lebih besar dan semakin tumbuh setiap tahunnya.

Lebih ramah lingkungan
Air dalam sistem hidroponik dapat didaur ulang - pada pertanian hidroponik yang paling efisien hanya menggunakan 10% dari air yang digunakan peternakan normal. Karena ini adalah sistem tertutup, nutrisi tidak luntur - pertanian hidroponik yang efisien hanya dapat menggunakan 25% pupuk yang digunakan pertanian biasa. Plus, eutrofikasi (pertumbuhan tanaman air yang padat seperti ganggang yang disebabkan oleh limpasan pupuk) tidak menjadi masalah. Hama tanah tidak ada, dan di dalam rumah kaca yang tertutup, predator alami dapat digunakan untuk mengendalikan hama serangga – dan juga tidak diperlukan pestisida.

Kelayakan di daerah yang tidak cocok untuk pertanian tradisional
Kelebihan hidroponik selanjutnya Efisiensi airnya yang tinggi memungkinkan pertanian hidroponik di lingkungan yang gersang. Nampan hidroponik yang tumbuh dapat ditumpuk di atas satu sama lain, dan tanaman dapat ditempatkan berdampingan lebih dekat daripada yang dapat mereka lakukan di tanah, membuatnya jauh lebih efisien dalam hal ruang temat daripada pertanian tradisional. Karena hampir semua kondisi lingkungan dapat dikendalikan secara artifisial, ruang tanaman yang tidak konvensional dapat digunakan - bangunan tak berpenghuni, terowongan kereta api yang tidak digunakan, dan lain-lain.

Mengurangi transportasi
Tanaman dapat tumbuh jauh dari habitat alami mereka dan lebih dekat ke konsumen, mengurangi emisi transportasi dan menyediakan udara serta suasana yang lebih segar.

Monokultur bukan masalah lagi
Para petani tidak perlu khawatir tentang lahan dengan nutrisi tertentu dengan menanam tanaman yang sama berulang-ulang - tidak perlu rotasi tanaman, sehingga tanaman tertentu dapat difokuskan.

Kekurangan Hidroponik
Biaya set-up yang tinggi
Dampak negatif tanaman hidroponik yang pertama yaitu dana yang dikeluarkan untuk memperiapkannya yang cukup mahal. Karena Menyiapkan ladang hidoponik membutuhkan sejumlah besar peralatan, yang semuanya perlu dibeli sebelum memulai pertanian hidroponik.

Biaya operasional lebih tinggi
Banyak sistem control, pompa, pemurni air, lampu, pemanas, dan lainnya yang perlu ditenagai, tentu semua itu membutuhkan uang. Di lain pihal, Dalam pertanian konvensional, panas, cahaya dan air diberikan secara alami dan gratis.

Kerentanan
Karena tanaman hidroponik termekanisasi, sistem hidroponik rentan terhadap gangguan listrik. Dalam sistem di mana akar sangat terbuka, tanaman tanpa air dapat mengering dengan cepat. Ketidakseimbangan unsur hara dan pH dapat terbangun jauh lebih cepat dalam suatu larutan daripada di tanah; jika ada yang salah, seluruh hasil panen bisa hancur dengan sangat cepat. Demikian juga, penyakit yang terbawa oleh air dapat menyebar dengan cepat dan luas, dan mikroorganisme yang terbawa air dapat mencemari larutan dengan mudah.

Perlu untuk pemantauan berkala
Meskipun pertanian hidroponik membutuhkan lebih sedikit upaya secara  disbanding pertanian biasa, tanaman hidroponik tidak dapat dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama seperti ladang tanaman biasa. Perkebunan hidroponik harus secara teratur dipantau oleh petani, atau dengan cara lainnya.

Perlu keahlian
Dan kekurangan terakhir pertanian hidroponik, Petani hidroponik perlu memahami teknik hidroponik yang baik dan benar, dikarekankan pertanian hidroponik terbilang cukup rumit.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Pertanian Hidroponik"

Posting Komentar

Budayakan meninggalkan komentar setelah membaca.
Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan yang tidak menyinggung dan tidak berbau sara dan porno.

TERIMAKASIH ATAS KOMENTAR ANDA ... !!!